DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DENGAN PERIKSA PAYUDARA SENDIRI (SADARI)

47 views

Penting bagi kaum hawa untuk mengetahui ada tidaknya perubahan bentuk dari payudara dari waktu ke waktu. Perubahan yang termasuk didalamnya adalah perubahan bentuk dari payudara. Pada umumnya payudara wanita mengalami perbedaan saat berada dalam masa menstruasi. Terasa lebih padat dan kencang merupakan hal yang dirasakan sebelum dan saat masa menstruasi.

DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DENGAN PERIKSA PAYUDARA SENDIRINamun yang perlu diwaspadai adalah perubahan tertentu yang dapat mengindikasikan adanya penyakit. Maka dari itu perlu untuk melakukan pemeriksaan sejak dini untuk mengantisipasi adanya kanker payudara. Pemeriksaan ini sangatlah penting agar segala macam perubahan yang terjadi dapat segera dikonsultasikan dan mendapatkan penanganan lanjutan yang lebih baik.

Salah satu cara mudah untuk melakukan pemeriksaan adalah melakukan SADARI atau periksa payudara sendiri. Waktu terbaik yang disarankan untuk melakukan SADARI adalah beberapa hari sesudah masa menstruasi. Berikut kami sajikan artikel mengenai cara memeriksa payudara dengan SADARI

Di depan Cermin

Cara ini dapat dilakukan secara mandiri dan hanya memerlukan tangan, penglihatan serta cermin. Pastikan pula anda berada ditempat yang memiliki pencahayaan yang cukup.

  • Perhatikan bentuk payudara anda, apakah payudara kanan lebih besar atau lebih kecil dari payudara kiri.
  • Berdirilah dengan posisi lengan disamping tubuh. Perhatikan bentuk, ukuran dan dipermukaan kulit apakah terjadi perubahan warna. Perhatikan juga bentuk puting payudara.
  • Letakkan tangan dipinggang lalu tekan kuat-kuat untuk mengencangkan otot dada. Ada dapat berkaca untuk mengetahuinya sambil bergerak dari sisi kanan ke kiri dan sebaliknya.
  • Membungkuklah didepan kaca hingga payudara terjulur kebawah. Untuk memeriksa perubahan tertentu, perhatikan dan raba dengan seksama.
  • Tautkan kedua tangan dibelakang kepala kanan lalu tekan kedalam. Perhatikan kedua payudara anda, termasuk dibagian bawah.
  • Perhatikan apakah puting anda mengeluarkan cairan dengan cara menempatkan jempol dan jari telunjuk disekitar puting, kemudian tekan perlahan. Ulangi pada payudara yang lain.
Artikel Lain :  LAKUKAN KEBIASAAN BAIK INI UNTUK MENCEGAH KANKER PAYUDARA

Saat Mandi
Anda juga dapat melakukan pemeriksaan saat mandi. Busa dari sabun akan membantu pergerakan tangan agar dapat memeriksa bejolan ataupun perubahan lain pada payudara. Angkat satu tangan kebelakang kepala.
Tangan lain yang sudah diberi sabun, meraba payudara pada sisi tangan yang terangkat tadi. Tekan secara perlahan disetiap bagian menggunakan jari tangan anda dan lakukan pada payudara disisi lainnya.

Demikianlah sajian kami mengenai Deteksi dini kanker payudara dengan periksa payudara sendiri (SADARI). Dengan melakukan pemeriksaan sejak dini anda dapat meminimalisasi resiko dari penyebaran kanker payudara.

Leave a reply "DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA DENGAN PERIKSA PAYUDARA SENDIRI (SADARI)"

Author: 
    author